Sabtu, 25 Juli 2020

Cara Memotong Bagian File PDF Seperti Memotong Bagian Gambar Menggunakan GIMP


Kadang karena keperluan tertentu, kita membutuhkan mengambil bagian dari tampilan halaman file PDF layaknya seperti mengambil bagian (atau crop) dari file gambar/image. Jika yang belum ngerti cara yang mudah biasanya dengan cara membuka file PDF dengan PDF Reader (atau semacamnya), lalu di Screenshot / Print Screen, dan otomatis tersimpan sebagai gambar. Kemudian dari gambar tersebut baru dilakukan pemotongan sesuai bagian yang diinginkan dengan menggunakan aplikasi tertentu, aplikasi GIMP misalnya.
Nah sebenarnya sebenarnya ada cara langkah yang lebih sederhana (tepatnya bisa disederhanakan) dari cara tersebut. Sesuai dengan judul, disini melakukan pemotongan menggunakan GIMP.
Perlu diketahui kita bisa langsung mengambil dan membuka tampilan file PDF menggunakan GIMP, baik dengan cara File > Open > [Pilih lokasi/file pdf], maupun dengan cara seret file pdf dari pengatur file (seperti Explore kalau di windows, atau Caja misalnya kalo di linux) lalu letakkan di GIMP yang sdh terbuka. Atau bisa juga klik kanan file pdf > Open With > GNU Image Manipulation Program. Lalu (mungkin) akan keluar pilihan tiap-tiap halaman file pdf tersebut dan tinggal pilih mana yang ikin diedit atau diambil untuk dimanipulasi laiknya gambar. Jika dalam file tersebut terdiri beberapa halaman dan anda memilih beberapa untuk diedit, maka hanya akan tampil hanya satu halaman/layar kerja, namun halaman-halaman lain yang dipilih akan terbagi menjadil layer-layer. *Mungkin cara diatas bisa sedikit berbeda karena saya disini mencontohkan dengan menggunakan OS GNU/Linux dengan distro IGOS Nusantara.
Saat memasukkan file pdf ke GIMP (mungkin) akan tampil informasi pengaturan file yang akan dimasukkan seperti berikut:



Pengaturan file yang akan dimasukkan ini penting diperhatikan karena beberapa pengaturan standar GIMP pada beberapa distro bisa berbeda (sepengalaman penulis). Pada contoh diatas pengaturan standar pada resolusinya (atau tinggi/high lebarnya/width) tergolong rendah menurut penulis, 100 pixel, karena jika di crop dan di resize (lebih kecil) dengan ukuran tertentu bisa tidak jelas atau buruk kualitas gambar hasilnya jika di cetak. Biasanya penulis merubah menjadi 200 pixel, supaya jika dilakukan manipulasi pemotongan dengan menggunakan Recatangle Select, Cut-Paste, lalu resize lebih kecil dengan Scale Tool, maka kualitas gambar tidak jelek-jelek amat


Lalu pemotongan file PDF siap dilakukan. Selebihnya terserah pembaca.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar